E-commerce and E-business

E-Business
Pengertian E-Business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.


Keuntungan dan Resiko E-Business
Bagi Perusahaan :
  • Memperpendek jarak 
  • Ekspansi 
  • Perluasan jaringan mitra bisnis
  • Efisien 
  • Revenue Stream (Aliran Pendapatan) baru yang lebih menjanjikan 
  • Dapat meningkatkan Market Exposure (Pangsa Pasar)
  • Menurunkan biaya operasional (Operational Cost)
  • Melebarkan jangkauan 
  • Meningkatkan Customer Loyalty 
  • Memperpendek waktu produksi
  • Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)

Bagi Konsumen
  • Efektif 
  • Aman secara fisik 
  • Fleksibel 

Bagi Masyarakat Umum
  • Mengurangi polusi dan pencemaran lingkungan 
  • Membuka peluang kerja baru 
  • Menguntungkan  dunia bisnis
  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia

Resiko  E-Business
  • Kehilangan di segi financial secara langsung karena kecurangan
  • Pencurian informasi rahasia yang berharga. 
  • Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. 
  • Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. 
  • Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.
  • Kerugian - kerugian yang tidak terduga.
  • Meningkatkan individualisme.
  • Kurang manusiawi.


E-Commerce
Pengertian E-Commerce adalah kegiatan komersial dengan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.


Keuntungan E-Commerce
Beberapa keuntungan e-commerce bagi konsumen antara lain :
  • Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan baranng. Cukup mengakses internet dan memesan barang, maka barang pesanan akan diantar ke rumah.
  • Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja.
  • Mempunyai lebih banyak pilihan karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet.
  • Dapat membeli barangn yang terdapat di negara lain, yang di dalam negeri mungkin saja belum tersedia.
  • Harga barang yang dibeli menjadi lebih murah.


Inti perbedaan E-Commerce dan E-Business
Perbedaan yang mendasar antara e-commerce dan e-business adalah bahwa tujuan e-commerce memang benar-benar money oriented (berorientasi pada perolehan uang), sedangkan e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya. Selain perbedaan seperti yang telah disebutkan, e-commerce dan e-business juga memiliki kesamaan tujuan utama yaitu memajukan perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya. E-commerce dan e-business merupakan terobosan yang dapat mendongkrak penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana mempromosikan produk melalui media Internet. 



Sumber : 
http://nisa11019.blogspot.co.id/2012/12/e-business-dan-e-commerce.html
http://tubagus.dosen.narotama.ac.id/files/2011/04/Presentasi-kuliah-sesi3.pdf
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/modul_introduction_e-commerce/d.BAB%20I-Pengertian%20E-commerce.pdf

Posting Komentar