Analisis Web E-Commerce

KASKUS FJB + PLAYGROUND >>> http://www.kaskus.co.id

Kaskus adalah sebuah komunitas terbesar di Indonesia dan member yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Nama "Kaskus" sendiri merupakan singkatan dari kata "kasak-kusuk". Kaskus memiliki banyak forum seperti forum diskusi sampai forum jual beli. Kaskus sekarang sudah memiliki 2 tempat khusus untuk jual beli yaitu Forum Jual Beli untuk menjual yang berbentuk barang dan Background untuk menjual tiket pesawat, kereta api, sampai booking hotel.




Sistem Penjualan

1. Buat akun KASKUS
Hanya member terdaftar yang dapat membuat thread penjualan di KASKUS. Jadi buat akun KASKUS, lengkapi dan konfirmasi data dirimu termasuk nomor telepon dan nomor kartu identitas.

2. Riset barang atau jasa yang akan Kamu jual
Riset terlebih dahulu barang atau jasa yang serupa dengan yang akan kamu jual di KASKUS. Riset ini dapat membantumu untuk menentukan harga dan tipe penjualan yang paling tepat untuk barang atau jasamu.

3. Buat thread penjualan
Pastikan kamu mencantumkan detil spesifikasi barang atau jasamu disertai dengan gambar pendukung. Berikan deskripsi sejelas & semenarik mungkin. Yakinkan calon pembeli bahwa kamu adalah Penjual yang bisa dipercaya. Jangan lupa berikan informasi kontak yang lengkap untuk memudahkan calon Pembeli menghubungimu.

4. Tentukan metode pembayaran
Pilih metode pembayaran yang paling nyaman untukmu. Beberapa metode pembayaran di Forum Jual Beli (FJB) KASKUS adalah KasPay, COD (Cash on Delivery), Rekber (Rekening Bersama) dan transfer antar bank.

Bagi pemula, jika barang harus dikirim, kami sarankan menggunakan Rekber sebagai metode pembayaran untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Berikan pelayanan prima kepada Pembeli
Jaga komunikasi dengan calon Pembeli, baik mereka yang bertanya pada thread, PM (Private Message), internet messenger, ataupun mereka yang menghubungi langsung ke nomor kontakmu. Responmu akan mempengaruhi penjualan serta reputasi baikmu sebagai Penjual. Kirim produk dengan tepat waktu & sesuai spesifikasi.
  • Cek bahwa kamu telah menerima pembayaran sebelum mengirim barang atau produkmu.
  • Catat nomer pengiriman barang sebagai bukti bahwa produk sudah dikirim.
  • Waspadai pembeli yang membeli produk elektronik mahal dalam jumlah banyak, tanpa tawar menawar & meminta COD dilokasi yang belum kamu ketahui.


6. Update thread penjualanmu
Setelah thread penjualanmu dipublikasikan, jangan lupa untuk mengupdate informasi barang atau jasamu terutama jika barang atau jasa sudah laku terjual.
  • Setiap thread penjualan diberikan kesempatan untuk di sundul maksimal 3 kali dalam satu hari.
  • Pelajari tips bertransaksi aman di Safe Trade Center.



Langkah Menjual di Classified
  • Login KASKUS dengan memasukkan KASKUS username dan password.
  • Klik “Jual Beli” pada bagian atas halaman Live Posting
  • Klik “Start Selling”pada halaman FJB Home
  • Tentukan kategori spesifik untuk barang atau jasamu.
  • Cantumkan judul thread
  • Masukkan kondisi barang yang dijual
  • Masukkan harga jual
  • Jelaskan spesifikasi barang atau jasa dan informasi kontakmu
  • Masukkan gambar. Cara untuk upload gambar (link to Upload Gambar on Buat Thread Baru)
  • Tentukan tags (thread dapat memiliki lebih dari 1 tags). Pilih tags yang paling menjelaskan barang atau jasamu untuk memudahkan Pembeli menemukan barang atau jasamu.
  • Masukkan lokasi
  • Tentukan apa kamu ingin berlangganan terhadap thread ini
  • Klik “Preview” untuk melihat tampilan thread sebelum dipublikasikan
  • Klik “Submit” untuk mempublikasikan thread jualanmu!



Kelebihan dari FJB + Background

  1. Kategori produk yang cukup lengkap memudahkan calon penjual, pembeli maupun supplier dalam menemukan suatu produk. 
  2. Dalam hal transaksi, calon penjual, pembeli maupun supplier harus menjadi member. Baru kemudian bisa melakukan tawar menawar melalui posting langsung di bawah produk yang ditawarkan, bisa juga melalui Private Message yang tersedia ataupun lewat telepon. 
  3. Setiap member akan memiliki status reputasi yang didapat melalui recomendasi dari member lain. Reputasi ini bisa dijadikan sebagai patokan seberapa baik reputasi dari penjual/supplier tersebut. Ditandai dengan warna hijau/cendol atau GRP(Good Reputation Point) , warna merah/bata atau BRP(Bad Reputation Point) dan warna abu-abu(haven’t reputation). 
  4. Dalam hal pembayaran transaksi, FJB Kaskus menyediakan layanan KASPAY dan Rekening Bersama (Rekber) atau member bisa melakukan transfer secara langsung ke rekening member lain. Dalam hal pengiriman/delivery, member bisa memilih penyedia jasa kurir sesuai kesepakatan.
  5. Penjual dapat menaikkan thread ke posisi atas dengan fitur tombol "Sundul". 
  6. Selain fitur diatas ada fitur baru yang diberikan kaskus kepada pengguna jasa penerbangan, kereta api, dan pembelian tiket lain. Fitur baru tersebut itu adalah Kaskus Background ( http://tiket.kaskus.co.id). 


Penampakan Kaskus Background. Dari tampilan diatas bisa dilihat kita bisa memesan tiket pesawat, hotel, event, dll. 


Kekurangan dari FJB + Background

Dalam hal Reputasi yang dimiliki oleh setiap member, moderator dan admin tidak bisa melakukan penelusuran terhadap banyaknya fake ID atau identitas palsu yang memungkinkan melakukan penipuan jika tidak di Banned. Cara pembayaran secara transfer langsung sering diminta oleh para penipu dalam modusnya. Cara yang paling aman adalah melalui KASPAY dan Rekber yang disediakan. Namun cara inipun tidak serta merta langsung dan murah, calon pembeli dan penjual harus melakukan kesepakatan dengan pihak ketiga, membutuhkan waktu yang relatif lama dan biaya yang tidak murah.

Posting Komentar