Perilaku dan Motivasi Masyarakat Kawasan Tanah Abang




Tanah abang adalah salah satu kawasan bisnis di DKI Jakarta, tanah abang terkenal karena di kawasan tersebut terdapat pasar grosir textil terbesar se-ASEAN. Menurut pengamatan saya, para penduduk sekitar bekerja sebagai pedagang dan penunjang seperti supir angkutan umum, dll.



 
Berikut percakapan saya dengan salah satu pedagang makanan (tukang roti).

Saya                : Selamat Siang, Mas. J Maaf mas bisa saya ganggu sebentar ??
Pedagang        : Siang, Mas. Oh....boleh boleh. Ada apa mas ?
Saya                : Saya mau nanya beberapa pertanyaan boleh Mas ?
Pedagang        : Boleh Mas, tapi jangan banyak-banyak. Saya masih harus keliling.
Saya                : Oke, kira-kira berapa penghasilan sehari-hari ?
Pedagang        : Ga tentu Mas, tergantung lagi rame atau sepi. Biasanya sih  sehari 500 ribu.
Saya                : Motivasi Anda berdagang di tanah abang apa ??
Pedagang        : Ya karena deket tempat tinggal aja Mas.
Saya                : Rotinya bikin sendiri atau hanya jual punya orang lain ?
Pedagang        : Saya kerja ngejualin punya orang.
Saya                : Makasih Mas.
Pedagang        : Sama-sama J

            Sekian wawancara saya terhadap salah satu pedagang yang berjualan di sekitar Tanah Abang. 


Catatan : Tugas Softskill

Posting Komentar