Tim dengan Gelar Liga Champion UEFA Terbanyak

Liga Champions UEFA adalah ajang kejuaraan tahunan antara klub-klub sepak bola di tanah eropa, dan sering dianggap sebagai trofi tingkat tinggi klub yang paling prestisius di Eropa.

Kejuaraan ini pertama kali dikemukakan oleh salah satu majalah olahraga Perancis. Trofi berbentuk piala yang dijuluki "The Big Ears" (Telinga Besar), dan trofi pertama berbeda dengan yang sekarang (dibuat oleh Stadellman). Kejuaraan ini dimulai pada musim 1955/56 dengan menggunakan sistem gugur dua leg yang setiap tim bermain dua pertandingan dengan satu tandang dan satu di kandang, dan tim dengan skor agregat/rata-rata tertinggi maju ke babak berikutnya. Hanya tim-tim juara liga di masing-masing negara dan ditambah dengan pemegang juara pada saat itu, yang berhak ikut ajang kompetisi ini. 

Dari sekian banyak tim yang ada di eropa hanya beberapa yang memiliki banyak gelar ini, antara lain Real Madrid telah menjuarai kompetisi ini 9 kali dan menjadi yang terbanyak di seluruh Eropa. Tim-tim yang paling sukses berikutnya adalah AC Milan (7 kali juara), Liverpool FC (5 kali juara), FC Bayern München (5 kali juara), AFC Ajax dan FC Barcelona (4 kali juara), Manchester United F.C. dan F.C. Internazionale Milano (3 kali juara).



Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Liga_Champions_UEFA

Posting Komentar