Membuat Program Sederhana dengan Password pada Netbeans

Pada kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat program sederhana pada Netbeans dengan Password. Cara cukup mudah : pertama kali kita buka Netbeans, kali ini saya memakai Netbeans 7.3.

Kedua kita buat New Project lalu didalam project tersebut buat 2 Form dengan cara seperti gambar dibawah ini.



Klik Kanan pada packages 'quiz' lalu pilih 'New' --> pilih 'JFrame Form' (untuk membuat form baru). Jika sudah, kita ubah nama Form 1 menjadi Utama dan Form 2 menjadi Layar1. Pada Form 1/Utama akan kita buat interface'a seperti dibawah ini.




Gambar kanan adalah tampilan form dan gambar kiri adalah tampilan nama dari bagian-bagian dari form. Untuk mengubah nama klik kanan pada item yang ingin diubah lalu pilih 'Change Variabel Name'. Agar kolom password tidak terlihat tulisan password yang ditulis maka pilih item JPasswordField

Jika tampilan sudah selesai maka kita mulai menulis codingan'a. Double Klik pada button LOGIN !! 
Berikut Source Code yang wajib ditulis.



Pada source code diatas dapat kita ketahui Password = c3mumut. Jika ingin mengganti password ganti lah password di blog if (String.valueOf(passw.getPassword()).equals("c3mumut")). Jika password salah maka program akan meminta ulang user untuk mengisi password dan username anda. Username yang digunakan bebas (tidak diatur pada program).

Jika Form 1 sudah selesai lalu kita lanjut ke Form 2. Berikut tampilan Form 2.



Sekian dari saya, jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Wassalam :)

Posting Komentar