Contoh - contoh kalimat

Kalimat menurut jumlah klausa dibagi 2. Kalimat majemuk yang terdiri dari setara, bertingkat,  campuran. Dan kalimat tunggal yang terdiri dari nominal, adjektifal, verbal, numerial. Pada kali ini saya akan menjelaskan contoh-contoh dari kalimat mejemuk setara dan bertingkat.
Kalimat mejemuk setara :
  •           Kasih rajin menabung dan rajin membaca.
  •           Saya pergi ke kampus sedangkan Doni pergi ke pasar.
  •           Sri pergi ke pasar lalu makan di restoran.
  •           Fira akan memilih menunggu atau pergi ke bandara seorang diri.
  •           Boni adalah anak yang malas bahkan usil kepada semua orang.
Kalimat majemuk bertingkat :
  •          Hari ini aku sedih karena dia tidak mencintaiku.
  •           Saya pergi ke masjid ketika adzan subuh berkumandang.
  •           Fira tetap bersemangat walaupun Fira sedang bersedih.
  •           Tukino makan buah-buahan supaya dia tetap sehat.
  •           Gustav merasa sedih ketika tidak mempunyai pasangan.
Kalimat bisa dibagi menurut unsur kelengkapannya. Berikut contoh kalimatnya.
  • Kalimat S – P - O
1.      Saya makan nasi
2.      Sri menginjak semut
  • Kalimat S – P – O – K 
1.      Gustav bermain sepak bola di Stadion Gelora Bung Karno.
2.      Kasih makan pizza di restoran
3.      Dini dan Yanti bermain congklak di taman kota.

Posting Komentar