Perbedaan What's App dan Yahoo Messenger


           

Pada saat ini banyak macam-macam media social misalkan berbasis web seperti facebook, twitter, youtube, dst dan berbasis aplikasi seperti line, what’s app, kakao talk, dll. Masing-masing media social memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan kita sebagai user/pengguna hanya tinggal memilih. Untuk kali ini saya akan memberitahu apa saja perbedaan dari What’s App (WA) dengan Yahoo Messenger (YM) ?? Beberapa data yang saya peroleh berasal dari survey yang saya lakukan kepada teman-teman yang menggunakan YM dan WA, dan penelitian dengan mencoba Yahoo Messenger dan What’s App.

Berikut perbedaan YM dan WA :

  • Perbedaan pertama yaitu Yahoo Messenger bersifat FREE 100% dan penggunanya hanya untuk orang yang memiliki akun Yahoo saja sedangkan What’s App bersifat FREE TRIAL(gratis sementara) tapi untuk login memakai nomor telepon hp.

  • Perbedaan kedua yaitu fasilitas. Fasilitas utama dari kedua sebenarnya sama yaitu untuk chatting. Selain chatting ada beberapa fasilitas pendukung seperti emoticon, share gambar, video call, dll. Menurut survey, emoticon pada Yahoo Messenger lebih menarik daripada What’s App. Dan fasilitas video call hanya terdapat di Yahoo Messenger saja. Untuk fasilitas share gambar/video keduanya bisa. Untuk wallpaper pada What’s App bisa Anda ganti-ganti sesuai keinginan Anda, sedangkan wallpaper Yahoo Messenger tidak bisa.

  • Perbedaan ketiga adalah system. 3 hari yang lalu saya coba memakai YM dan setelah 3 hari atau tepatnya tadi pagi muncul pemberitahuan bahwa ‘akun Anda sudah logout otomatis karena sudah melewati batas login (logout otomatis)’ sedangkan pada WA tidak ada istilah logout adanya ‘delete account’. Yahoo Messenger sudah terintegrasi dengan facebook jadi kita bisa memantau obrolan atau status facebook melalui YM, sedangkan pada What’s App berdiri sendiri (belum terintegrasi dengan mana pun).


Sekian informasi yang bisa saya berikan, jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Semua tergantung kebutuhan Anda ingin memilih social media yang mana. 

Wassalam :)

Posting Komentar