Keamanan Jaringan dan Keamanan Internet

Keamanan jaringan (Network Security) adalah proses untuk mencegah dan mengidentifikasi penggunaan yang tidak sah dari jaringan komputer. Keamanan jaringan dalam jaringan komputer sangat penting dilakukan untuk memonitor akses jaringan dan mencegah penyalahgunaan sumber daya jaringan yang tidak sah. Tugas keamanan jaringan dikontrol oleh administrator jaringan.
Segi-segi keamanan didefinisikan dari kelima point ini, antara lain :
  • Confidentiality Mensyaratkan bahwa informasi (data) hanya bisa diakses oleh pihak yang memiliki wewenang.
  • Integrity Mensyaratkan bahwa informasi hanya dapat diubah oleh pihak yang memiliki wewenang.
  • Availability Mensyaratkan bahwa informasi tersedia untuk pihak yang memiliki wewenang ketika dibutuhkan.
  • Authentication Mensyaratkan bahwa pengirim suatu informasi dapat diidentifikasi dengan benar dan ada jaminan bahwa identitas yang didapat tidak palsu.
  • Nonrepudiation Mensyaratkan bahwa baik pengirim maupun penerima informasi tidak dapat menyangkal pengiriman dan penerimaan pesan.

Kasus-kasus lemahnya keamanan jaringan di Indonesia, antara lain :

  1. Pembobolan distributor pulsa isi ulang. Diduga kerugian mencapai Rp. 1 Miliar. Kasus ini tergolong jarang terjadi, namun meskipun demikian harus menjadi perhatian khusus bagi aparat penegak hukum, karena banyak pengguna layanan pulsa isi ulang ini adalah pengusaha UKM dengan modal yang tidak seberapa.
  2. Pembobolan ATM masih terus berlanjut. Dengan peralatan yang lumayan sederhana, beberapa ATM dapat “diserap” dananya dengan bebas, tanpa harus mempunyai akun di bank ATM bersangkutan. Kali ini lokasi kejahatan berada di Bali, dan tersangkanya yang ditangkap adalah Warga Negara Malaysia. 
  3. Kasus defacing website instansi pemerintah masih marak terjadi. Kali ini, website resmi Kepolisian Republik Indonesia diretas oleh hacker, dan diganti dengan content yang berbau SARA. 
Ket : Kasus diatas terjadi tahun 2011.

Aplikasi keamanan jaringan sebagai berikut :
  1. Wireshark adalah penganalisis paket gratis dan sumber terbuka. perangkat ini digunakan untuk pemecahan masalah jaringan, analisis, perangkat lunak dan pengembangan protokol komunikasi, dan pendidikan. awalnya bernama Etheral, pada Mei 2006 proyek ini berganti nama menjadi Wireshark karena masalah merek dagang. (Wikipedia)
  2. Metasploit adalah framework yg didalamnya sudah terintegrasi module2 baik itu untuk exploit maupun auxiliary yang bisa membantu anda untuk testing penetrasi, pengembangan IDS Signature maupun riset exploit.
  3. Nessus merupakan sebuah software scanning yang dapat digunakan untuk meng-audit keamanan sebuah sistem seperti vulnerability, misconfiguration, security patch yang belum diaplikasikan, default password, dan denial of service (DoS). Nessus berfungsi untuk memonitoring lalu-lintas jaringan. 
  4. Aircrack-ng adalah sebuah cracking program untuk 802.11 WEP dan WPA wireless key, kegunaannya adalah untuk merecover password wireless yang di enkripsi dengan mengumpulkan sebanyak-banyaknya paket data yang berhasil ditangkap dan meng-generate passwordnya. intinya adalah aircrack-ng merupakan satu set tool untuk mengaudit wireless password.
  5. Snort adalah NIDS yang bekerja dengan menggunakan signature detection, berfungsi juga sebagai sniffer dan packet logger. Snort pertama kali dibuat dan dikembangkan oleh Marti Roesh, lalu menjadi sebuah opensource project.
Keamanan Internet adalah saat user menggunakan internet, user megharapkan kerahasiaan dan integritas data. Selain itu juga, menjaga agar komputer ytidak terkena internet liar dimana mengakibatkan jenis ancaman yang dapat menyebabkan komputer untuk berfungsi secara ridak benar.

Salah satu kasus dari keamanan internet yang lemah adalah  bocornya  LAN  perusahaan yang menggunakan wireless LAN IEEE 802.11b. Dengan menggunakan sebuah  notebook  yang  dilengkapi  dengan  perangkat IEEE  802.11b seorang  peneliti sambil berjalan menunjukkan LAN dan data-data dari beberapa perusahaan yang bocor ke jalan di depan kantor. Penggunaan firewall untuk membatasi akses ke kantor dari Internet akan sia-sia jika pintu  belakang  (backdoor)  wireless  LAN  bisa  digunakan  oleh  cracker untuk masuk ke sistem. Program untuk memecahkan wireless LAN ini mulai  banyak  tersedia  di  Internet,  seperti misalnya Airsnort, Netstumbler 1, WEPcrack, dan lain-lain.

Penggunaan Firewall adalah salah satu cara yang dianjurkan untuk menjaga kejahatan internet. Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk dilintasi dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Berikut aplikasi firewall : 

1. Ashampoo Firewall Free
Firewall ini sangat mudah digunakan, tidak mengharuskan kita untuk memiliki pengetahuan teknis. Hanya sedikit menggunakan memory dan sumber daya komputer serta berkemampuan memberikan perlindungan extra pada komputer.

2. Comodo Firewall
Firewall yang bekerja pada standar tindakan. Berkemampuan memeriksa daftar panjang lebih dari dua juta aplikasi, mudah digunakan dan mampu mengenali aman tidaknya file yang akan memasuki sistem.

3. Zone Alarm Free Firewall
Merupakan salah satu firewall yang paling banyak digunakan. Menawarkan perlindungan terhadap spyware dan memberikan peringatan dini ketika akan mendownload program jahat, sangat baik dalam pemantauan lalu lintas inbound dan outbound.

4. PC Tools Free Firewall
Secara berkesinambungan memberi perlindungan untuk memblokir program berbahaya yang melewati firewall. Penggunaan mudah untuk dan memiliki aplikasi untuk mencegah pengguna lain untuk mendapatkan akses ke komputer melalui internet.

5. Sygate Personal Firewall
Memberikan perlindungan dari gangguan kode berbahaya, ulah hacker, trojan horses, dan serangan DOS. Fitur baru termasuk deep-packet inspection, anti-application-hijacking, a log dampener, dan enhanced logging.



Referensi : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Keamanan_jaringan
http://farihbaidhowy.wordpress.com/2013/02/18/3-kasus-pembobolan-keamanan-jaringan-komputer-sepanjang-2011-2/
http://effenddi.blogspot.com/2012/06/top-10-aplikasi-security-jaringan.html
http://ehajulaeha27.blogspot.com/2014/01/keamanan-jaringan-dan-keamanan-internet.html
http://www.it-newbie.com/2012/05/6-firewall-gratis-untuk-keamanan.html

Referensi buku :

Keamanan Sistem Informasi Berbasis Internet, Budi Rahardjo 


Alat Input dan Output pada Komputer

Nama : Gustav Sri Raharjo
Kelas : 2IA 18
NPM : 534122 16


Input Device adalah bagian komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ataupun instruksi-instruksi kepada komputer.

Contoh Input device :
  1. Mouse berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat.
  2. Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.
  3. Joy Stick digunakan pada permainan (games) komputer. 
  4. Barcode untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.
  5. Light Pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor).









Mouse                                                                            Joy Stick










                                                         Barcode
Light Pen                         



Output Device adalah bagian komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan/mencetak data yang berupa gambar digital ataupun dicetak diatas kertas.

Contoh Output Device :
  1. Monitor berfungsi menampilkan teks dan/atau gambar, baik diam atau bergerak, yang dijanakan oleh komputer dan diproseskan oleh grafik.
  2. Printer untuk mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi.
  3. Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang  cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi  bangunan.
  4. Speaker untuk memberikan informasi dalam bentuk suara.









Monitor LCD                                                                                           Plotter



Referensi :
http://kendy20.blogspot.com/
http://sweetestplace.wordpress.com/2013/09/18/alat-input-output-dan-proses-komputer/

Buku Diktat Universitas Gunadarma (Pengenalan Komputer)


Definisi dan Sejarah Komputer

Nama : Gustav Sri R

NPM : 534 122 16

Kelas : 2IA 18


Komputer berasal dari kata 'to Compute' yang berarti menghitung. Jadi pada awalnya komputer diciptakan sebagai mesin hitung. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak hanya berhubungan dengan matematika. Secara luas, komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).


Alat hitung pertama diciptakan di Cina kira-kira 2000 tahun SM (sebelum Masehi) yang diberi nama ABACUS (sempoa). Pada tahun 1617 John Napiar asal Scotlandia menemukan cara hitung dengan bujur sangkar ukuran 9 x 9 dan diberi nama NAPIER'S BONES. Tahun 1621 ditemukan Slide Rule merupakan alat hitung bersifat mekanis. Tahun 1674 Gotfriend Leibnitz asal Jerman menciptakan alat hitung yang bisa mengoperasikan perkalian dan pembagian (LEIBNITZ CALCULATION MACHINE). Alat hitung yang menggunakan konsep komputer jaman sekarang diciptakan oleh Charles Babbage asal Prancis dan diberi nama BABBAGE CALCULATION MACHINE. Tahun 1944 lahir I-Mark yang diciptakan oleh Howard Aiken dari Howard University yang bekerjasama dengan IBM (International Business Machine). Tahun 1945 lahirlah ENIAC (Electronic Numerical Integer And Calculator) yang diciptakan oleh J.Presper dan John W Mauchly dari University of Penslyvania. Perkembangan komputer masih berlanjut hingga kini.

Perkembangan komputer dibagi menjadi 5 generasi, antara lain :


  1. Generasi Petama : Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengonsumsi daya sebesar 160kW.
  2. Generasi Kedua : Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
  3. Generasi Ketiga : Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
  4. Generasi Keempat : Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer.
  5. Generasi Kelima : Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.





Referensi Buku :
Buku Diktat Universitas Gunadarma ( Pengenalan Komputer )


Referensi Website :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer

E- Government

       Pemerintahan elektronik atau e-government, digital government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. E-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G). 
          Manfaat dari penggunaan e- government sebagai berikut :
  • Memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada para stakeholder-nya (masyarakat, kalangan bisnis, dan industri) terutama dalam hal kinerja efektivitas dan efisiensi di berbagai bidang kehidupan bernegara;
  • Meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep Good Governance di pemerintahan (bebas KKN);
  • Mengurangi secara signifikan total biaya administrasi, relasi, dan interaksi yang # dikeluarkan pemerintah maupun stakeholdernya untuk keperluan aktivitas sehari-hari;
  • Memberikan peluang bagi pemerintah untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru melalui interaksinya dengan pihak-pihak yang berkepentingan;
         Dalam pelaksanaan-nya, e-government memiliki beberapa kendala salah satu kendala utamanya adalah kurangnya ketersediaan infrastruktur telekomunikasi. Jaringan telepon masih belum tersedia di beberapa tempat di Indonesia. Biaya penggunaan jasa telekomunikasi juga masih mahal. Harapan kita bersama hal ini dapat diatasi sejalan dengan perkembangan telekomunikasi yang semakin canggih dan semakin murah. Kendala lainnya adalah masih banyaknya penyelenggara pelayanan publik baik di pusat maupun daerah yang belum mengakomodir layanan publiknya dengan fasilitas internet. Terutama pada institusi pusat dengan unit pelaksana teknisnya dan juga dengan institusi lain dengan item pelayanan yang sama (G2G= government to Government). 



Berikut contoh e-government di Indonesia : 




Gambar diatas adalah tampilan awal/homepage dari website ini, klik yang saya beri kotak muncul tampilan dibawah ini.



Gambar ini adalah tampilan lengkap dari website tersebut.

Kelebihan dari website ini (menurut penulis) :
  1. Cukup simple ditampilan awal ;
  2. Informasi yang disajikan cukup lengkap dari harga bahan makanan, info kendaraan hingga info tentang CPNS di DKI Jakarta ;
  3. Menampilkan statistik dan berita-berita tentang Jakarta;
  4. Terdapat hiasan-hiasan, gambar-gambar yang menunjukkan kebudayaan Jakarta (seperti ondel-ondel, Stadium Gelora Bung Karno, dll).
Kekurangan (menurut penulis) :
Jujur menurut saya hampir tidak ada kekurangan tapi jika dipaksa tampilan homepage yang lengkap terlalu rame dengan hiasan/dekorasi.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemerintahan_elektronik

Macam - macam Paragraf

Nama : Gustav Sri Raharjo
Kelas : 2IA 18
NPM : 534 122 16

         Paragraf (dari bahasa Yunani paragraphos artinya "menulis di samping" atau "tertulis di samping") adalah suatu jenis tulisan yang memiliki tujuan atau ide. Awal paragraf ditandai dengan masuknya ke baris baru. Sebuah paragraf biasanya terdiri dari pikiran, gagasan, atau ide pokok yang dibantu dengan kalimat pendukung. Paragraf umumnya terdiri dari tiga hingga tujuh kalimat semuanya tergabung dalam pernyataan berparagraf tunggal. Paragraf menurut jenisnya dibagi menjadi 5 macam, antara lain :
  • Paragraf Narasi : Paragraf yang menceritakan suatu kejadian atau peristiwa. Ciri-cirinya: ada kejadian, ada pelaku, dan ada waktu kejadian. Paragraf ini sering ditemukan di cerpen, novel, dan cerita-cerita lain.
  • Paragraf Eksposisi : Paragraf yang menginformasikan suatu teori, teknik, kiat, atau petunjuk sehingga orang yang membacanya akan bertambah wawasannya. Ciri-cirinya: ada informasi. Paragraf ini sering ditemukan di berita koran, majalah.
  • Paragraf Argumentasi : Paragraf yang mengemukakan suatu pendapat beserta alasannya. Ciri-cirinya: ada pendapat dan ada alasannya.
  • Paragraf Persuasi : Paragraf yang mengajak, membujuk, atau mempengaruhi pembaca agar melakukan sesuatu. Ciri-cirinya: ada bujukan atau ajakan untuk berbuat sesuatu.
  • Paragraf Dekskripsi :  Paragraf yang menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan itu. Objek yang dideskripsikan dapat berupa orang, benda, atau tempat.Ciri-cirinya: ada objek yang digambarkan. 
Berikut contoh dari paragraf deskripsi :

        Perempuan itu kecil dan agak kurus. Derai rambutnya yang menutupi dahinya menambah nilai kecantikan padanya. Pipinya gembul menambah kesan imut di wajahnya. Hey gadis siapa di kau ???


         Paragraf bisa kita kembangkan dengan beberapa metode, berikut metode-metoode pengembangan paragraf  :
  • Pengembangan alamiah
    Pengembangan secara alamiah ini seorang penulis dapat menggunakan pola yang sudah ada pada obyek atau kajian yang dibicarakan.
  • Pengembangan klimaks dan antiklimaks
    Pembuatan klimaks dilakukan dengan penampilan gagasan utama yang rinci dari persoalan yang paling rendah kedudukannya. Sementara itu pengembangan antiklimaks merupakan kebalikan dari klimaks.
  • Pengembangan Perbandingan dan Pertentangan
    Paragraf perbandingan dan pertenntangan ialah cara pengarang menunjukkan kesamaan atau perbedaan antara dua orang , subjek atau gagasan dengan bertolak dari segi-segi tertentu (Keraf dalam Mudlofar 2002: 99).
  • Pengembangan analogi
    Pengembangan analogi biasanya digunakan untuk membandingkan sesuatu yang sudah terkenal umum dengan yang tidak dikenal umum
  • Pengembangan contoh-contoh
    Gagasan yang terlalu umum sifatnya sulit dipahami. Agar pembaca menjadi jelas diperlukan ilustrasi-ilustrasi konkret. Ilustrasi konkret inilah yang nantinya dikembangkan menjadi contoh-contoh.
  • Pengembangan Akibat -Sebab akibat
    Hubungan kalimat dalam sebuah paragraf dapat berupa hubungan sebab akibat dan akibat sebab. Sebab dapat bertindak sebagai kalimat utama, sedangkan akibat merupakan kalimat penjelas. 
  • Pengembangan definisi luas
    Yang dimaksud pengembangan definisi luas ialah pengarang bermaksud memberikan keterangan atau arti terhadap sebuah istilah atau hal (keraf dalam Mudlofar 2002: 102).
  • Pengembangan klasifikasi
    Dalam pengembangan karangan kadang-kadang diperlukan pengelompokan hal-hal yang mempunyai persamaan. Pengelompokan ini bekerja kedua arah yang berlawanan, yaitu pertama mempersatukan satuan-satuan kedalam satu kelompok., dan kedua, memisahkan satuan-satuan tadi dari kelompok yang lain (keraf dalam Mudlofar 2002: 103).
  • Pengembangan umum khusus-khusus umum
    Cara pengembangan paragraf umum khusus-khusus umum merupakan cara yang paling umum dipakai. Paragraf umum khusus dikembangkan dengan meletakkan pikiran utama pada awal paragraf kemudian rician-rincian berada pada kalimat-kalimat berikutnya. Sebaliknya paragraf khusus umum, mula-mula dikembangkan rincian-rincian kemudian pada akhir paragraf disampaikan generalisasinya. Jadi paragraf umum khusus bersifat deduktif, sedangkan paragraf induktif bersifat khusus umum.



Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Paragraf#Jenis_Jenis_Paragraf_Generalisasi
http://pengembanganparagraf.blogspot.com/





Fasilitas di Internet

Nama : Gustav Sri Raharjo
Kelas : 2IA18
NPM : 53412216

1. Word Wide Web (www)
WWW merupakan fasilitas yang berisi database terdistribusi. Www adalah layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text, dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML (skrip halaman web).


2. E-Mail (Electronic Mail):
E-mail digunakan untuk berkomunikasi / berhubungan langsung dengan orang lain sebagai surat elektronik.Email adalah surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima oleh dan antar individu atau komputer. Email bekerja seperti mesin penjawab telpon, walaupun kita tidak sedang online dengan internet kita masih bisa menerima email dari seluruh penjuru dunia.


3. Discussion Group.
Biasanya kita gunakan email untuk orang-orang yang sudah kita kenal dengan baik, akan tetapi kita juga dapat gunakan email untuk saling bertukar informasi, berdiskusi dan berdialog dengan orang lain. Kita dapat berpartisipasi dalam diskusi dan debat dengan topik yang beragam mulai dari hobi sampai pada permasalahan komputer atau malah masalah hiburan dan artis.


4. FTP
FTP atau File Transfer Protocol, adalah layanan internet untuk melakukan transfer file antara komputer kita dengan server di internet. Cukup banyak server di internet yang menyediakan layanan ini sehingga kita bisa mengkopi file-file di server ke komputer kita, hal ini yang disebut download. Selain itu kita juga bisa mengkopi file-file di komputer kita ke server di internet, hal ini disebut dengan upload.



5. Telnet
Beberapa server di internet memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu. Layanan ini disebut sebagai telnet. Penggunaan server ini sama seperti kalau kita melakukannya pada komputer di jaringan lokal.
Contohnya : spacelink.msfc.nasa.gov, adalah layanan telnet gratis dari NASA tentang sejarah dan seluk beluk NASA.


6. Gopher
Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.


7. Chating (INTER RELAY CHAT)
Salah satu aktifitas untuk berkomunikasi antara sesama pemakai internet menggunakan media tulis secara on-line dan real-time. Chatting adalah fasilitas yang diguna kan untuk melakukan perbincangan atau bercakap-cakap melalui internet menggunakan teks atau sering disebut dengan chatting.


8. TELECONFERENCE
Teleconference adalah fasilitas internet yang juga digunakan untuk berbincang-bincang dengan cara yang kompleks yaitu mulai dari suara hingga gambar, shg seolah-olah kita dapat langsung berhadapan dengan lawan bicara. Fasilitas ini merupakan pengembangan dari chatting. Komputer yang digunakan untuk teleconfe-rence harus dilengkapi dengan web camera, sound card, tv tuner, VoIP.


9. Search Engine
Search engine adalah mesin pencari, yang dapat mencari informasi-informasi yang ada di internet dengan lebih mudah, hanya dengan mengetik kata kunci (keyword). Beberapa search engine yang dapat digunakan antar lain Google, Yahoo, Alvista, Wisenut, Alltheweb, Looksmart, HotBot dan lain-lain.



Referensi :
http://aswindavip.blogspot.com/p/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html
http://faculty.petra.ac.id/dwikris/docs/desgrafisweb/www/3-fasilitas_internet.html

Cloud Computing

Nama : Gustav Sri Raharjo
NPM : 53412216
Kelas :2 IA18


Cloud Computing, mungkin Anda akan bertanya-tanya apa yang dimaksud Cloud Computing ??? Cloud Computing sebenarnya belum mempunyai definisi yang bulat. Menurut Accenture (Konsultan global), cloud computing adalah the dynamic provisioning of IT capabilities (hardware, software, or services) from third parties over a network. Cloud computing bukanlah teknologi, melainkan sebuah komputasi. Dalam model ini, seluruh server, jaringan, aplikasi, dan elemen-elemen lainnya saling terikat dengan data center yang disediakan oleh vendor untuk user melalui internet.

Cloud computing saat ini sudah mulai membesar, berikut beberapa aplikasi berbasis cloud computing :
  • Google Drive
  • Windows Azure
  • Amazon Elastic
  • Compute Cloud
  • Simple Storage Service
  • FaceBook

Selain yang disebutkan diatas ada beberapa investor saat ini masih mencoba untuk mengekplorasi adopsi teknologi cloud ini untuk dijadikan bisnis sebagaimana Amazon dan Google telah memiliki penawaran khusus pada untuk teknologi cloud, Microsoft dan IBM juga telah melakukan investasi jutaan dollar untuk ini.

Untuk mampu membuat sebuah system berbasis cloud computing kita harus mengetahui 3 poin utama yang dibutuhkan untuk membuatnya, antara lain :
  • Computer front end : Biasanya merupakan computer desktop biasa.
  • Computer back end : Computer back end dalam skala besar biasanya berupa server computer yang dilengkapi dengan data center dalam rak-rak besar. Pada umumnya computer back end harus mempunyai kinerja yang tinggi, karena harus melayani mungkin hinggga ribuan permintaan data.
  • Penghubung antara keduanya : Penghubung keduanya bisa berupa jaringan LAN atau internet.

Referensi website :
http://ku2harlis.wordpress.com/cloud-computing-dan-aplikasi-cloud-computing/
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan

Referensi Buku :
Riding the Wave: Strategi Andal: Menaklukkan Industri Software

Dampak Social Media bagi Masyarakat

Nama : Gustav Sri Raharjo
Kelas : 2 IA 18
NPM : 534 122 16


Pada zaman ini banyak sekali social media yang muncul di kalangan masyarakat, seperti

Facebook
sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com


Twitter
sumber gambar : http://upcity.com


Line
sumber gambar : http://upload.wikimedia.org/


What’s app
sumber gambar :  http://darmawan.my.id/


Instagram
sumber gambar : http://www.waxingunlyrical.com/

Dan masih banyak yang lainnya. Semua yang ada di dunia ini pasti punya 2 sisi yaitu negative dan positive begitu juga dengan social media. Social media juga punya dampak negative dan positive. Berikut beberapa dampak dari penggunaan social media bagi masyarakat. 

Dampak Negatif :
  • Cyber Crime : Cyber crime adalah salah satu dampak negative dari penggunaan social media. Karena belakangan ini banyak sekali penipuan, pembobolan kartu kredit, dan criminal lainnya yang dilakukan menggunakan social media. 
  • Lupa diri : Social media tekadang bisa menjadi dunia nyata ( dengan situs jejaring sosial di internet seseorang mempunyai dunianya sendiri, sehingga tidak sedikit dari mereka tidak peduli dengan orang lain di sekitarnya karena sibuk dengan teman temannya atau komunitas di jejaring sosial )
Dampak Positif :
  • Memudahkan kita untuk berinteraksi dengan orang lain atau dapat memperluas jaringan pertemanan secara cepat misalkan dengan pacar (kalo punya), teman, orang tua dan lain – lain dari seluruh dunia.
  • Menggunakan jejaring sosial biayanya lebih murah daripada menggunakan surat atau telepon dalam berkomunikasi.


Kesimpulan : Semua pasti mempunyai sisi negative dan positive, semua kembali lagih ke kita. Mau kita gunakan untuk apa social media tersebut dan kita harus berhati-hati dalam penggunaan social media. 



Referensi : http://wilman065112358.blogspot.com
                 http://ariefcinta.blogspot.com/2013/07/dampak-positif-dan-negatif-jejaring.html 

Jaringan Nirkabel Internet

Nama : Gustav Sri Raharjo
Kelas : 2 IA 18
NPM : 534122 16

      Jaringan adalah kumpulan komputer yang saling berhubungan satu sama lain menggunakan media informasi  yang tujuannya agar memudahkan dalam berbagai file, data, program, dll. Jenis-jenis jaringan ada banyak, berikut beberapa macamnya yang paling sering kita jumpai LAN ( Local area network), MAN ( Metropolitan area network ), WAN ( wide area network), INTERNET (interconnection-networking), WIRELESS (jaringan tanpa kabel/Nirkabel ). Jaringan yang paling muda / paling modern diantara  jenis jaringan lain. Karena jaringan ini tidak  menggunakan kabel  seperti jenis jaringan yang lain.

        Pada dasarnya definisi dari Jaringan Nirkabel Internet adalah jaringan internet yang dihubungkan tanpa perantara / penghubung yang berupa kabel (memakai gelombang radio). Salah satu contoh dari jaringan nirkabel internet adalah Wifi. Wifi adalah salah satu produk dari WLAN (Wireless LAN). Salah satu kelebihan dari Wireless adalah lebih mudah dan cepat karena kita tidak harus menarik-narik kabel. 

Jaringan internet nirkabel sangat berguna di kehidupan manusia. Wifi adalah salah satu penggunaannya. Beberapa aplikasi jaringan internet nirkabel di kehidupan, antara lain :
  • ·         Jaringan seluler : 0G, 1G, 2G, 3G, 3G luar (4G), nirkabel masa depan
  • ·        Jaringan nirkabel : Wireless LAN (WLAN), ( IEEE 802.11 dicap sebagai Wi-Fi dan HiperLAN ), Wireless Networks Metropolitan Area (WMAN) dan (LMDS, WiMAX, dan [[HiperMAN)
  • ·         Hotspot
  • ·         Aplikasi Surveylance adalah aplikasi yang berguna untuk memantau keamanan (aplikasi CCTV).



                                    http://9triliun.com/artikel/1261/jaringan-internet.html


Referensi Buku : Wifi (Wireless LAN) penyusun Gunadi Dwi Hantoro